social

twitterfacebookgoogle pluslinkedinrss feedemail

Friday, July 25, 2014

Telat Sidang dan Surat Tilang Hilang?

Nah gimana itu bisa terjadi?
Kali ini saya ingin sedikit curhat tentang musibah yang saya alami yaitu:

Pertama, kena tilang karena tidak membawa SIM dan Helm. Singkat ceritanya : waktu itu berhubung saya tergesa-gesa untuk segera berangkat kuliah dan hari itu juga ujian terakhir Grammar, tanpa bawa helm dan SIM langsung saja saya dijegat Polisi di dekat Kos (Polsek Kartoharjo Madiun dekat pasar besi Joyo) saat perjalanan menuju kampus. Karena dalam keadaan darurat langsung saja saya minta untuk sidang saja.

Kedua, waktu sidang tidak hadir karena kakak saya lupa. Hari itu motor saya dibawa kakak saya sampai beberapa hari otomatis surat tilangnya ada di tangannya juga. Entah mungkin tidak peduli atau tidak memperhatikan, kakak saya lupa bahwa tanggal 16 januari sidang di Pengadilan Negeri Madiun. Padahal sebelumnya sudah saya ingatkan bahwa pada hari tersebut sidang, sialnya lagi dikira tanggal 16 itu hari jum'at katanya padahal di kalender hari kamis.

Ketiga, beberapa bulan kemudia saya ada inisiatif untuk mengurusi STNK yang masih ditahan tadi. Namun lagi-lagi kena sial kakakku yang lupa naruh surat tilang setelah beberapa hari motor dibawanya. Mungkin, ketlisut atau di kos atau di rumah namun setelah saya cari juga tidak ada.

Dari sekian kasus diatas tadi saya coba tanya-tanya sambil browsing gimana caranya ngurusin STNK yang ditahan dan Surat tilangnyapun sudah hilang. Kebetulan ada teman saya yang beberapa hari sebelumnya juga sempat tidak bisa hadir pada sidang di PN madiun. Dia berkata kalau mau ambil STNK namun telat tanggal sidangnya langsung ke Kejaksaan, dia juga menambahkan kalau hanya habis 125rb untuk pelanggaran SIM.

Tanpa banyak pertimbangan keesokan harinya saya langsung saja datang ke Kejaksaan Madiun tepatnya di dekat POLRES madiun. Saya pun sampai di ruang bagian Front office di situ ada Security langsung saja saya bertanya padanya. "Pak dimana tempat mengurusi STNK yang dari telat sidangnya?". Bapaknya pun menjawab dan mengarahkan saya pada sebuah ruang "Di situ dek, itu langsung pada Bapaknya yang pake Batilk, tapi ditunggu dulu masih antri.". Setelah menunggu beberapa menit akhirnya dipanggil juga saya oleh bapak yang memakai batik tadi. Saya ditanya kapan ditilangnya dan suruh menunjukan surat tilang, dengan agak sedikit gugup saya menjawab "Surat tilangnya hilang Pak". Kali ini saya agak sedikit takut kalau dimarahi, Bapaknya pun terdiam sejenak. "Begini saja dek, sampean FC dulu KTP dan SIM" suruh beliau. Setelah itu tanpa banyak basa basi beliaupun bertanya "Lha tanggal berapa dek sidangnya dulu?", saya pun menjawab walau agak sedikit ragu "tanggal 16 Januari Pak". Beliau pun langsung membuka lemari yang berisi banyak bundelan dengan sortasi tanggal dan bulan. Diambilah bundelan yang tercantum tanggal 16 Januari. Setelah saya cari ternyata di bulan januari tidak ada (sedikit putus asa). Lalu Bapaknya tadi langsung mengambil bundelan lagi yang bulan februari ternyata setelah saya cari ada (lega sekali).

Setelah beberapa bulan  semenjak Januari hingga Juli ini motor tak ber-STNK akhirnya pada hari ini juga STNK kembali ke pelukan saya. hehe. Begitu STNK sudah ketemu selanjutnya ini hal yang paling ditunggu yaitu dendanya. Sempat berasumsi bahwa mungkin denda keterlambatan ini habis banyak sekali, namun ternyata prediksi saya salah. Biaya untuk mengambil STNK ini cuma 175rb saja, dalam hati saya berkata "Untung tidak sampai membengkak kaya utang di bank saja ada bunganya" haha.

Banyak hal yang bisa dipetik dari kejadian-kejadian tersebut antara lain:
-Jadilah pengguna jalan yang taat aturan, karena apapun alasannya kalau memang melanggar ya harus konsekuan dengan hukum yang diberikannya.
-Hadapi segala masalah mandiri, meskipun mungkin hal seperti ini bisa kalian limpahkan untuk diurusi orangtua namun jika kalian bisa mengatasinya sendiri maka suatu saat kalian akan tertanam jiwa mandiri setiap menghadi masalah-masalah dalam hidup.
-Jangan takut untuk bertanya pada setiap petugas pelayan publik baik itu , polisi, jaksa, petugas pengadilan bahkan hakim. Karena tanpa kita bertanya kita tidak akan tau alur dan prosedur untuk mengurusi setiap pelanggaran kita (usakan tidak melanggar).

Terima kasih sudah membaca :)

61 comments:

  1. bisa diambil itu gan kalo di jakarta gak tau dah bisa apa engga

    ReplyDelete
  2. bisa gan, kmrn saudaraku ketilang trus telat sidang juga bisa ngambiol stnk.nya walau tanpa surat tilang (Madiun Kota)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo di jakarta gimana gan? Bisa ngk tuh di tebus tanpa surat tilang?

      Delete
    2. klw sudah lewat setahun masih bs tdk ya dan surat tilangnya hilang..apa masih bs ya di urus.?mohon infonya.

      Delete
  3. gan ane kna tilang dan SIM yg ditahan ama polisi, dapat lembar merah. masalahnya udah 7bulan blm diambil, msh bisa gak ya diambil? dmn? kira kira kna denda berapa?

    ReplyDelete
    Replies
    1. yah gima tu gue juga blum ambil SIM gue ni..
      gmna tuu..
      ada denda tidak ?!

      Delete
  4. biasanya semua berkas yang dari polisi akan dilimpahkan ke pengadilan untuk sidang. tapi apabila telah melebihi tanggal sidang maka dilimpahkan ke kejaksaan. coba saja tanya di Kantor kejaksaan gan, jangan lupa kasih tau tanggal sidangnya yg tertulis di lembar tilang warna merah kpd petugas disana....

    Untuk denda berdasarkan pengalaman saya. 175rb itu pada umumnya gan kalau di Madiun sama Ngawi.

    ReplyDelete
  5. Pas kena tilang ane mnta slip biru.. Tpi ane gk smpet byr dendany.. Apa sim ane d lmpahkn k kjaksaan?? Tpi d slip biruny tdk trtera tgal sdang.. Infrmsiny gan..

    ReplyDelete
  6. Pas kena tilang ane mnta slip biru.. Tpi ane gk smpet byr dendany.. Apa sim ane d lmpahkn k kjaksaan?? Tpi d slip biruny tdk trtera tgal sdang.. Infrmsiny gan..

    ReplyDelete
  7. Terima kasih gan atas dorongannya... Masalah yang di hadapi mirip😢

    ReplyDelete
  8. gan tanggal 6 mei ane sidang gan tapi kemaren slip merahnya ancur kegiling mesin cuci-_- gimana ya gan apa bisa ngambil? dan ane belom ada ktp, masih diproses, informasinya ya gan

    ReplyDelete
    Replies
    1. masih ingat tanggal sidangnya? kalau masih daatang saja ke pengadilan katakan pada petugas apa adanya yang penting masih ingat jenis pelanggarannya apa dan apa yang disita oleh petugas (SIM, STNK, KTP), kalau lebih dari tanggal yg ditentukan lsg saja ke Kejaksaan.

      Delete
  9. Gan kalau lupa tgl d tilang nya... gimana cara ambil stnk nya.. saya pesimis.. beberapa bln motor ku tanpa stnk.. ..
    Surat tilang hilang.. dan lupa kapan tgl d tilang nya

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba ditanyakan di kejaksaan gan, dan kalau masih ingat kira2 bulan apa agan ditilang. biasanya di Kejaksaan nanti dicarikan sesuai dengan bulan saat agan ditilang

      Delete
  10. Kena tilang nih sidang tgl 20 tpi males dateng soalnya ane dri ngawi skolah di jogja pas kna tilang di klaten. U knowlah jarak jogja kalaten... Pgennya ambilnya skalian mudik pas bulan puasa.kira kira kalo ikut sidang di PN ato ambil di KN lbih gede mana biaya nya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. sesuai pengalaman mahal KN dikit, tp ga smpe 200rb (roda 2)

      Delete
  11. Misi om numpang naya
    Saya kan ketilang dan saya gak liat sidangnya tgl berapa kemudian ampe rumah saya liat surat tilangnya gak ada (ilang), kira kira saya nyari kemana ya sim saya

    ReplyDelete
  12. Misi om numpang naya
    Saya kan ketilang dan saya gak liat sidangnya tgl berapa kemudian ampe rumah saya liat surat tilangnya gak ada (ilang), kira kira saya nyari kemana ya sim saya

    ReplyDelete
    Replies
    1. ketilangnya dimana? coba tanyakan polsek yg plg deket dengan situ, klo ga ada biasanya tgl sidang itu satu minggu setelah anda ditilang. seumpama ditilang tgl 19 kemungkinan sidang tgal 26 (ditanyakan ke pengadilan tempat sidang tsb)
      smga membantu

      Delete
  13. bagaimana klau STNK tdk dikirim ke pengadilan,lalu aq diarahkan ke samsat,darisana aq katanya tdk ada aq disuruh ke polsek dari polsek aq di suruh kembali ke SAMSAT Sambil dibawakan bukti ekspedisi,lalu di SAMSAT disuruh nunggu telp.dan ditilangku diperpanjang,takutnya aq STNKq hilang SAMSAT tdk tanggung jawab.mohon solusinya

    ReplyDelete
  14. setau saya apabila ditilang STNK oleh POLISI akan dilimpahkan ke pengadilan karena urusannya sama pelanggaran hukum , kalau di SAMSAT hanya dalam hal pengurusan pajak dan pembaruan STNK. Jadi kemungkinan STNK anda hanya ada di Polsek (yang melakukan Operasi) dan Pengadilan atau Kejaksaan.

    ReplyDelete
  15. Gan numpang tanya kalau surat tilang hilang sebelum tgl sidang itu bagaimana yah??apa perlu urus ke polisi buat laporan kehilangan?? Makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya coba begitu dulu aja gan, pasti nanti dkasih pencerahan sama pak POLISI :D

      Delete
  16. Biaya denda klo di kejaksaan gara" telat sidang di hitung per hari atau gimana ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo pengalamanku biayanya 175 gan, itu udah maksimal

      Delete
  17. Gann... Ane dikasih slip biru.. sim ditahan ...tercoreng denda max 500rb...ngeri gan... Apa emng bner ? Nanti ke pengadilan atau kejaksaan (klo ga sempet) bayarnya segitu ap gmn ? (Cuma 1 pasal ,melanggar marka jalan). Makasij

    ReplyDelete
    Replies
    1. itu denda maksimal gan, utk bayar berapanya disesuaikan dg keputusan denda masing2 daerah utk pelanggaran itu gan, seumpama daerah agan utk pelanggaran tdk memakai helm 125rb brti nnti di bank suruh bayar segitu sama tellernya. menurut informasi yg saya dapt spt itu. tapi mgkn kebijakan masing2 daerah bisa berbeda

      Delete
  18. Pak kalo surat tilang saya hilang dan tidak ingat tanggal tilang nya bgm pak apakah masih bisa diurus pak??

    ReplyDelete
  19. masih ingat bulannya? kira2 bulan apa?

    ReplyDelete
  20. Gan ane ketilang kan dan harus kepengadilan tgl 21 oktober kmrn . Saya mau ngambil cuma surat tilang saya hilang itu gmna ya ? Dtng kepengadilan atau ke kejaksaan ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. langsung ke kejaksaan gan, sesuai pengalaman saya ketika sdh telat atau terlewat tanggal sidangnya. semua berkas dilimpahkan ke kejaksaan. Di kejaksaan nanti dijelaskan lagi gan ditilang bulan apa kalo masih ingat dan juga tgl sidangnya, pasti dicarikan. selamat mencoba

      Delete
  21. ane tadi bru kena tilang lampu merah nih gan di jakarta barat, kira" kalo kita ngambil ke kejari itu denda nya berapa ya gan? tolong info dong gan, pelangaran nya cuma satu itu aja sih, kalo surat" lengkap semua, soalnya ane ga bisa ikut sidang gan, ane kerja soalnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau pengalaman saya di kejaksaan kota Madiun 175rb gan, kalau di daerah lain mungkin saja ada yg sama mgkn juga beda.

      Delete
  22. Mau tanya gan, saya di tilang waktu tanggal 23 agustus entah 23 september 2016 , sampe sekarang belum saya tebus , dan surat tilang nya hilang, waktu itu yg dibawa itu sim saya . Jadi tolong pencerahan , udah sekitar 3/4 bln ga saya ambil, makannya saya bingung harus ke pengadilan atau ke polsek tempat saya ditilang, atau saya harus ke kejaksaan? Tapi kejaksaan mana ya? Karna disini banyak kejaksaan. Saya di bandung

    ReplyDelete
    Replies
    1. This comment has been removed by the author.

      Delete
    2. Kalau saya dulu di tilang di kec. Kartoharjo, kota Madiun, dan sidang di Pengadilan kota Madiun akhirnya ya saya ambilnya di kejaksaan negeri kota Madiun. Sesuai dengan tempat persidangan anda. semoga membantu.

      Delete
    3. biasanya di surat tilang ada alamat tempat sidangnya

      Delete
  23. wah persis sekali sm yg ane alamin skrg, aturan sidang tgl 6 Januari 2017 tp pas sidang kelupaan gan. nah skrg baru mau ngeberesin SIM ane, cuman udh ampir 2 bulan belum ke-urus.... kira2 denda keterlambatan pengguna roda empat berapa gan? moga2 ga nyampe 500 :((

    ReplyDelete
  24. gue kena tlang dah lama g,na tu masih bsa ambil, kena denda tidak tu... soalnya ah lama dah lewat 2 bulan..?

    ReplyDelete
  25. gue kena tlang dah lama g,na tu masih bsa ambil, kena denda tidak tu... soalnya ah lama dah lewat 2 bulan..?

    ReplyDelete
  26. Gan macemana kalau kita di tilang di berastagi padahal rumah saya di medan STNK saya di kirim ke kabanjahe kalau tidak saya ambil itu STNK dan saya mengurus di medan bahwa STNK saya hilang gimana gan bisa gak kalau kayak gitu
    Kasih solusinya dong :'(
    Plissss :'( :'(

    ReplyDelete
  27. Saya mau tanya mas ..saya di tilang dan di serah slip biru ..tapi tanggal sidang tidak tertera ...solusinya bagaimna apa saya harus ke kejaksaan negeri untuk mengambil sim saya..trims

    ReplyDelete
  28. gan saya kan ditilang sudah agak lama sih.
    polisinya tanpa bilang langsung dikasih slip tilang biru.dan tertera juga tanggal sidang nya.

    katanya pembayaran tilang biru max 3 hari sebelum tgl sidang. baru nanti bisa ikut sidang buat ambil kembalian (karena kena denda max)

    tapi saat itu lagi gaada uang jadi nggak bayar deh itu tilang biru lalu nggak ikut sidang juga. tapi slip tilang masih ada.

    kira2 berkas tilang saya (stnk) posisi.nya dimana ya ? kantor polisi apa kejari ?

    ditunggu balasannya ya 🙏😁

    ReplyDelete
    Replies
    1. kok kasusnya bisa mirip banget sama saya,gan ... itu bener ??

      Delete
  29. Gan,Situ Pas Di Tilang Kena Slip Biru Atau Slip Merah gan??Biasa Nya Sidang Itu Tanggal Brapa ya??Sesudah Kita Di Tilang AMA Polisi?mohong Pencerahan nya gan dan Bantuan Nya Ya :)
    Terima Kasih

    ReplyDelete
  30. Berdasarkan pengalaman saya dan tmn2 saya sendiri, biasanya polisi akan ngarahin sidang ke hari jumat di awal bulan gan (tmn sya udh 3x kena kasus dan berbekas di ingatan saya :)). Nah utk slip biru atau merah kurang inget, jenis pelanggarannya sih mobil kami melanggar rambu2 tok.

    ReplyDelete
  31. Selamat Sore,gan..

    Saya mau minta pencerahan,gan..
    Saya kena tilang tanggal 9 September 2017 kemarin.. Di Slip Biru yang saya terima,tertulis tanggal sidang 25 September atau berapa,, sya lupa..

    Tapi yang tertera hanya tanggal sidang,sama data-data pelanggar ( saya ).. Di kolom denada tidak diinfoka besaran denda yang harus dibayar..

    Nah,,kebetulan saya lupa berangkat sidang + lupa menitipkan uang denda tilang ke Bank..

    Pertanyaan saya,, jadi bagaimana saya harus mengambil STNK saya yang ditahan,dan kemana saya harus mengambil ??

    Mohon sekali bantuannya,gan...

    Selamat Sore waktu Kebumen hari ini...

    ReplyDelete
  32. Inii lagi gue alamin skrggg. Adek gue ketilang udh setahun yg lalu dan kartu tilangnya kegiles mesin cuci.ada pencerahannya gaa yaa. Kalo udh setahun gitu mending ngurus ke kejaksaan atau bikin yg baruu yaaa? Mohon pencerhannya.

    ReplyDelete
  33. Inii lagi gue alamin skrggg. Adek gue ketilang udh setahun yg lalu dan kartu tilangnya kegiles mesin cuci.ada pencerahannya gaa yaa. Kalo udh setahun gitu mending ngurus ke kejaksaan atau bikin yg baruu yaaa? Mohon pencerhannya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tanya ke kejaksaan dulu saja ya kayanya, ni gua surat tilang nya hilang

      Delete
    2. Tanya ke kejaksaan dulu saja ya kayanya, ni gua surat tilang nya hilang

      Delete
  34. Gan, kemaren jum'at gua kena tilang, terus surat tilang nya hilang nih gan, katanya bisa urus surat keterangan hilang itu dimana ya gan? Gua juga lupa ni tanggal sidang nya

    ReplyDelete
  35. Gan, kemaren jum'at gua kena tilang, terus surat tilang nya hilang nih gan, katanya bisa urus surat keterangan hilang itu dimana ya gan? Gua juga lupa ni tanggal sidang nya

    ReplyDelete
  36. Ka, mau tanya dong, saya kena tilang td siang, krn melanggar rambu lalu lintas, disitu tertera 'belok kiri ikuti isyarat lampu' krna saya tdk baca rambu tsb dan keadaan sdg lampu merah, saya langsung belok kiri, langsung kena tilang deh ( sim dan stnk lengkap), trus stnk ditahan, dimintai no hp, dikasih surat tilang biru, sidang tgl 16 maret, ga lama kemudian ada sms dri e-tilang disuruh bayar 500rb paling lambat 4 hari sblm sidang, bisa di atm atau bank BRI mahal bgt ya.. 😢 itu harus bgt emg byar segitu ya? Klo dtg langsung pas hari sidang tapi blm bayar gmna ya? Aku bingung bgt ini.. mohon pencerahan nya ya ka..

    ReplyDelete
  37. Alhamdulillah pengalamannya membantu saya sekali. Thanks ya gan.
    Ternyata banyak orang yg pnya nasib yg sama.

    ReplyDelete
  38. Kalok surat tilang ya hilang dan lupa tanggal sidang ya gimana cara ya.. Gan
    Bantuann

    ReplyDelete
  39. Kalo surat tilang hilang dan sudah satu tahun STNK nya belum di ambil gmn cara urusnya surat2 apa yang di persiapan untuk gurus supaya bisa ambil STNK nya.

    ReplyDelete
  40. Kak kalo surat tilangnya hilang itu bisa minta surat tilangnya kembali kak? Aq masih smp kls 3 kak blm ada sim simana ya kak mohon solusi nya

    ReplyDelete
    Replies
    1. saran saya waktu sidang tetep dateng usahakan kamu inget
      1. Nomor Plat Motormu
      2. Tanggal kamu ditilang
      3. Jenis pelanggaranmu
      4. siapkan uang 200 ribu untuk jaga2

      sampaikan pada petugas di pengadilan atau kejaksaan apa adanya bahwa surat tilang mu memang hilang

      Delete
    2. Aku juga kehilangan surat tilang dan ga diambil ambil,bisa ga yaa langsung kesana ,tp motor itu bukan nama akuu, dan ga ada sim kumaha yaaaa,,dibogorrr 😭

      Delete
  41. mengurus surat tilang hilang memang gampang gampang susah, gampang karena sebetulnya secara hukum tetep bisa diurus, susah karena berbelit belit dan kadang lama :(

    ReplyDelete