social

twitterfacebookgoogle pluslinkedinrss feedemail

Thursday, September 8, 2016

INILAH jawaban SALAM PRAMUKA di Jawa Timur berbeda?

Ketika lagi viral dengan SALAM pramuka yang heboh di Youtube. Dan siapa saja yang mencari kata kunci di Google dengan "SALAM PRAMUKA" pastilah yang muncul adalah hal-hal yang sifatnya negatif sebut saja #IYWKM. Dengan itu saya ingin mengalihkan hal tersebut pada postingan saya ini Tentang "Kenapa SALAM PRAMUKA di Jawa Timur berbeda?" Semoga bermanfaat.

 Saya penasaran selama ini kenapa cuma di Jawa Timur saja SALAM Pramuka memakai tepuk satu kali sedangkan daerah lain tidak.

Berawal dari ketika saya mengikuti salah satu kegiatan di Jawa Tengah yaitu HUT Racana Diponegoro Semarang. Seperti biasa dalam sesi perkenalan diri saya perwakilan dari Kampus Madiun mengawali dengan SALAM PRAMUKA. biasanya setelah menjawab salam akan diikuti dengan satu kali tepuk pramuka, tapi kali ini tidak. Alhasil saya pun tepuk sendiri dan kebetulan ada satu orang lagi yang dari Jombang namanya Kak Fajar ternyata dia juga ikut tepuk sedangkan yang lain hanya diam saja setelah mengucapkan salam.

Kamipun yang beasal dari Jawa Timur agak merasa ada yang kurang kalau SALAM PRAMUKA tanpa tepuk. Akhirnya kami menjelaskan kalau di Jawa Timur kami menjawab SALAM pramuka disertai dengan tepuk. Dari situ saya penasaran mengapa daerah kami berbeda sendiri? 

Setelah bertanya-tanya di semua GRUP pramuka whatsapp saya yang salah satunya yatiu GRUP alumni Pramuka Smasa Ngawi. Disinilah saya mendapatkan sedikit pencerahan.

INI JAWABANNYA:

[16:33 08/09/2016] galihcu: Ada yang tau kenapa atau asal usul SALAM PRAMUKA khusus di Jawatimur pakai TEPUK? Sdgkan di daerah lain ada yg tdk

[16:40 08/09/2016] Radit Smasa Pramuka: Menjawab salam pramuka dilanjutkan dengan tepuk, dadi misale pembina upacara bilang salam pramuka, peserta didik serentak jawab: salam, trus dilanjutkan tepuk pramuka satu kali

[16:43 08/09/2016] Radit Smasa Pramuka: Itu baru gerakan penyemangat jawa timur yang di komando langsung dari Gus Ipul kakwarda jatim. Mulai dipakai awal tahun 2010 dan eksis pertama dikegiatan PW Jatim atau kemah bakti jatim

[16:47 08/09/2016] Radit Smasa Pramuka:
Asal usule ? Jatim dari tahun 2008 kan selalu bikin gerakan gerakan pembaharuan untuk menunjukkan eksistensi nya didalam gerakan pramuka, termasuk mengdakan scarf merah putih, jawab salam pramuka dilanjut tepuk, adanya kegiatan EJSC, dan terakhir ini temu pelatih sepuh pramuks sejatim yang ternyata sebagian juga ditiru sama kwarnas

 [10:38 08/09/2016] ‪ 62 822-3320-5xxx‬: Yang saya tahu. itu kesepakatan dari masing-masing wilayah kak. 

[10:47 08/09/2016] ‪ 62 857-3398-8xxx‬: Kronologi dari Jawa Timur saat Musda kak Kwarda kak ipul yg pertama. Dsampaikn smbutannya. Inti dri tepuk tsb adlh sya sbg mnusia pancasila. Dan tambah i dg tepuk krna sbg ciri khas Jawa Timur. Krna mnrut yg ditutur kn dirasa kurang lgkap dan garing mnrut bliau. Sprti itu klau sya msh ingt² ...

Semoga bermanfaat,

SALAM PRAMUKA !!

SALAM. . . . . . Prok 13x

No comments:

Post a Comment