RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
Nama Sekolah :
SMK 2 Madiun
Mata Pelajaran :
Bahasa Inggris
Program Keahlian :
Kelas/Semester :
XI
Alokasi Waktu :
3 x 45 menit (1 pertemuan)
Standar Kompetensi :
Berkomunikasi dengan Bahasa Inggris setara level Elementary
Kompetensi Dasar :
2.2 Mencatat
pesan-pesan sederhana baik dalam interaksi langsung maupun melalui alat
Indikator :
· Mencatatpesan (message)
yang diterima secara langsung dengan benar.
A. Tujuan
Pembelajaran
2.
Menguasai pengetahuan dan keterampilan Bahasa Inggris untuk
mendukung pencapaian kompetensi program keahlian.
3. Menerapkan penguasaan
kemampuan dan keterampilan Bahasa Inggris untuk berkomunikasi baik lisan maupun
tulisan pada level Elementary.
Karakter yang diharapkan:
• Bersahabat
• Komunikatif
• Peduli sosial
• Rasa ingin tahu
• Demokratis
• Mandiri
• Kerja Keras
• Disiplin
• Senang membaca
B. Materi
Pembelajaran
·
Personal
pronouns
No
|
Subject
|
Object
|
Possessive adjective
|
Possessive pronoun
|
Reflexive pronoun
|
1
|
I
|
me
|
my
|
mine
|
myself
|
2
|
We
|
us
|
our
|
ours
|
ourselves
|
3
|
You
|
you
|
your
|
yours
|
yourself
|
4
|
You
|
you
|
your
|
yours
|
yourselves
|
5
|
She
|
her
|
her
|
hers
|
herself
|
6
|
he
|
him
|
his
|
his
|
himself
|
7
|
it
|
It
|
its
|
its
|
itself
|
8
|
they
|
them
|
their
|
theirs
|
themselves
|
C. Metode Pembelajaran
Role-play
(Presentation, Practice, Production) / Three-Phase
Technique
D. Langkah-Langkah
Pembelajaran
1. Pertemuan13
No
|
Kegiatan
|
Waktu
|
1
|
Kegiatan Awal
1.1
Pendahuluan:
a. Guru mengucapkan salam
b. Memeriksa kehadiran siswa
c. Apersepsi
§ Menyatakan topik pembahasan
pertemuan ini
§ Menjelaskan kepada siswa tujuan
pembelajaran dalam pertemuan ini
d. Orientasi
Guru
menjelaskan tentang pentingnya materi
inidalam kehidupan
nyata
e.
Motivasi
Menjelaskan
kepada siswa tentang manfaat mempelajari materi ini.
|
15 mnt
|
2
|
Kegiatan Inti
2.1
Eksplorasi
a. Siswa melihat model gambar yang
ditampilkan melalui slide powerpoint tentang penggunaan pronoun
b.
Siswa diberikan clue atau arahan tentang maksud dari tampilan tersebut
2.2
Elaborasi
a. Guru memberikan contoh berupa
beberapa kalimat yang menggunakan personal pronoun.
b. Siswa mengidentifikasi personal
pronoun apa saja yang ada dalam contoh kalimat.
c. Siswa mendapat penjelasan tentang
penggunaan personal pronoun.
d. Siswa berlatih membuat kalimat
dengan personal pronoun sendiri.
e. Siswa berlatih dengan melengkapi
kalimat dalam sebuah teks dengan personal pronoun.
2.3.
Konfirmasi
a.
Guru memberikan umpan balik berupa koreksi dan masukan kepada siswa
b.
Guru melakukan pengamatan terhadap siswa tentang
penerimaan materi
c.
Guru memberi motivasi bagi siswa yang berpartisipasi aktif
|
105 mnt
|
3
|
Kegiatan Akhir
Penutup
a.
Mengulas kembali pelajaran pada pertemuan ini
b.
Memberi kesempatan kepada siswa untuk bertanya tentang pelajaran yang
telah diberikan.
c.
Memberikan pekerjaan rumah kepada siswa
d. Menutup pelajaran
|
15 mnt
|
E. Media
dan Sumber Belajar
1.
Media Pembelajaran: board
marker, white board
2.
Sumber Belajar:
· English for SMK (Ang-kasa)
F. Evaluasi
Task 1
Choose
the statements provided to suit the blank spaces in the following dialogue.
Receptionist :
Receptionist. (1)__________
Caller :
Sure. My name is Hendrik.
(2)__________
Receptionist :
Certainly, Sir.
Caller :
(3) __________
Ask
him to phone this evening
Receptionist :
(4)__________
Caller :
749708
Receptionist :
Thank you, Sir.
a.
Your phone
number, please.
b.
Can I help
you?
c.
Can you
give a message to Mr.Andreas?
d.
Tell him
everything is all right.
e.
0Could you help me, please?
Task 2
Change
the pronouns in the brackets in the right form!
1. Toni and (my) will give the reason why (our) are
angry with him.
2. Don’t forget to call (I) brother and (I) at 5
o’clock p.m.!
3.
Rina asks
(my),”Why don’t (your) tell (we) about (they) problems”
4. He said that all of (we) would be successful.
5. The teacher will ask (I) and you to buy some beverage.
Kunci jawaban
Task 1
|
Task 2
|
1. b
2. c
3. d
4. a
|
1. me – we
2. my – me
3. me – you – us – their
4. us
5. me
|
Madiun, 2 November 2016
Mengetahui,
Mahasiswa PPL
Guru
Pamong
....................... Galih Cahyo Utomo
NPM. 13321084
No comments:
Post a Comment